RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : MAN 2 KUDUS
Mata Pelajaran : FIQIH
Kelas/ Semester : X (Sepuluh) MIA I/ Ganjil
Materi
Pokok : Pengurusan Jenazah
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong
, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan soscial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
KI-3 Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan.
KI-4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.2
Meyakini
syariat Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
2.2
Memiliki rasa tanggung jawab melalui materi
penyelenggaraan jenazah
3.2
Menjelaskan tata cara pengurusan jenazah dan
hikmahnya
4.2
Memperagakan tata cara penyelenggaraan jenazah
|
1. Menjelaskan kewajiban
umat Islam terhadap orang yang meninggal
2. Menjelaskan tata cara
memandikan jenazah
3. Menjelaskan tata cara
mengafani jenazah
4. Menjelaskan tata cara
mensholati jenazah
5. Menjelaskan tata cara
menguburkan jenazah
6. Mempraktikkan pengurusan
jenazah
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi dan
mengkomunikasikan peserta didik mampu :
1.
Menjelaskan
kewajiban umat Islam terhadap orang yang meninggal dengan benar
2.
Menjelaskan tata
cara memandikan jenazah dengan benar
3.
Menjelaskan tata
cara mengafani jenazah dengan benar
4.
Menjelaskan tata
cara mensholati jenazah dengan benar
5.
Menjelaskan tata
cara menguburkan jenazah dengan benar
6.
Memperagakan
tata cara pengurusan jenazah dengan baik dan benar
D.
Materi
Pembelajaran
1. Sakaratul
Maut
2. Proses
Pengurusan Jenazah
a.
Memandikan
jenazah
b.
Mengafani
jenazah
c.
Mensholatkan
jenazah
d.
Menguburkan
jenazah
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Metode Saintifik
(Pendekatan Permasalahan, Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Kooperatif)
F.
Media, Alat
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media &
Alat Pembelajaran
a.
Spidol
b.
White Board
c.
LCD Projector
2.
Sumber
Belajar
a.
M. Rizal Qosim.
2009. Pengamalan Fiqih, Jilid 1 untuk kelas X Madrasah Aliyah. Solo : PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri
b.
Kementrian
Agama. 2014. Buku Guru Fikih ; Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X. Jakarta
: Kementrian Agama
c.
Tim Penulis.
T.t. Modul Hikmah, Fiqih. Akik Pustaka
d.
Buku Referensi
lain yang sesuai dengan materi yang diajarkan
e.
Video Panduan
Pemulasaran Jenazah. 2010. Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
b.
Melakukan
control keadaan siswa dengan melaksanakan presensi siswa, kerapian berpakaian
dan posisi tempat duduk
c.
Kepada
siswa guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
d.
Membuka
pertanyaan komunikatif untuk mengingatkan materi pelajaran sebelumnya
e.
Guru
mempersiapkan media berbasis multimedia (audio visual)
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Pertemuan Ke-1
a.
Mengamati
ü Mengamati gambar dan menyimak materi melalui media
LCD Proyektor
ü Mengamati video tentang materi tatacara memandikan
jenazah
b.
Menanya
ü Memberikan tanggapan hasil pegamatan video materi
memandikan jenazah
ü Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah
disampaikan
c.
Eksplorasi/
Eksperimen
ü Menggali informasi dan contoh-contoh peristiwa (konteks
di masyarakat dan permasalahannya)
ü Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menemukan jawaban sesuai dengan tata cara yang telah disampaikan
d.
Mengasosiasi
ü Merumuskan hasil pemahaman setiap individu siswa dengan
mendiskusikannya sesuai dengan kelompok yang telah dibuat
ü Memilah dan
membandingkan tata cara pelaksanaan yang terjadi di masyarakat dengan
tata cara pelaksanaan yang telah dijelaskan melalui tayangan video
e.
Mengkomunikasikan
ü Memaparkan hasil rumusan dalam diskusi kelompok
belajar secara bergantian di depan kelas
Pertemuan Ke-2
a.
Mengamati
ü Mengamati gambar dan menyimak materi melalui media
LCD Proyektor
ü Mengamati video tentang materi tata cara mengkafani
dan mensholati jenazah
b.
Menanya
ü Memberikan tanggapan hasil pegamatan video materi tata
cara mengkafani dan mensholati jenazah
ü Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah
disampaikan
c.
Eksplorasi/
Eksperimen
ü Menggali informasi dan contoh-contoh peristiwa
(konteks di masyarakat dan permasalahannya)
ü Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menemukan jawaban sesuai dengan tata cara yang telah disampaikan
d.
Mengasosiasi
ü Merumuskan hasil pemahaman setiap individu siswa
dengan mendiskusikannya sesuai dengan kelompok yang telah dibuat
ü Memilah dan
membandingkan tata cara pelaksanaan yang terjadi di masyarakat dengan
tata cara pelaksanaan yang telah dijelaskan melalui tayangan video
e.
Mengkomunikasikan
ü Memaparkan hasil rumusan dalam diskusi kelompok
belajar secara bergantian di depan kelas
Pertemuan Ke-3
a.
Mengamati
ü Mengamati gambar dan menyimak materi melalui media
LCD Proyektor
ü Mengamati video tentang materi tata cara menguburkan
jenazah
b.
Menanya
ü Memberikan tanggapan hasil pegamatan video materi tentang
pemulasaran (pengurusan) jenazah
ü Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah
disampaikan dan materi pada pertemuan sebelumnya
c.
Eksplorasi/
Eksperimen
ü Menggali informasi dan contoh-contoh peristiwa
(konteks di masyarakat dan permasalahannya)
ü Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menemukan jawaban sesuai dengan tata cara yang telah disampaikan
d.
Mengasosiasi
ü Merumuskan hasil pemahaman setiap individu siswa
dengan mendiskusikannya sesuai dengan kelompok yang telah dibuat
ü Memilah dan
membandingkan tata cara pelaksanaan yang terjadi di masyarakat dengan
tata cara pelaksanaan yang telah dijelaskan melalui tayangan video
e.
Mengkomunikasikan
ü Memaparkan hasil rumusan dalam diskusi kelompok
belajar secara bergantian di depan kelas
|
65 Menit
|
3.
|
Penutup
a.
Guru
bersama peserta didik memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Bersama
dengan peserta didik, guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan
c.
Guru
memberikan tugas mandiri sebagai bahan evaluasi tiap individu
d.
Menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
15 Menit
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1) Penilaian Kognitif
NO
|
NAMA
|
NILAI
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
Guru melakukan penilaian peserta didik dalam kegiatan “Uji kompetensi”:
Ketentuan:
Skor Penilaian untuk pilihan ganda 0.1x10=1
Skor penilaian secara singkat 0.1x10=1
Skor penilaian uraian 0.4x5 =2.00
a)
SOAL PILIHAN GANDA
1.
Setiap manusia pasti akan mengalami kematian yang diawali sebuah
peristiwa yang dinamakan. . . .
a.
Sakit kritis
b.
Musibah kematian
c.
Sakaratul maut
d.
Talqin jenazah
e.
Membacakan surat yasin
2.
Hukum mengurus jenazah adalah . . . .
a.
Fardlu Kifayah
b.
Fardlu ‘Ain
c.
Wajib
d.
Sunah Muakkadah
e.
Sunah
3.
Jika jenazah yang meninggal laki-laki maka yang wajib memandikan adalah.
. .
a.
Laki-laki
b.
Saudara laki-laki
c.
Anak laki-lakinya
d.
Istrinya
e.
Benar semua
4.
Jenazah laki-laki dikafani dengan kain sebanyak. . . .
a.
2 lembar
b.
3 lembar
c.
4 lembar
d.
5 lembar
e.
6 lembar
5.
Sebelum digunakan untuk membungkus, kain kafan hendaknya diberi. . . .
a.
Wangi-wangian
b.
Tulisan arab dari al-qur’an
c.
Gerusan kapur barus
d.
Air bunga-bungaan
e.
Kapas dan bedak
6.
Salah satu kewajiban kaum muslimin terhadap orang Islam yang meninggal
adalah. . .
a.
Mengantarkannya ke kubur
b.
Menguburkannya
c.
Mentahlilkannya
d.
Mendo’akannya
e.
Mentalqinnya
7.
Apabila seorang muslim meninggal dunia, maka harus segera dikuburkan,
kecuali ada hal yang memaksa, diantaranya. . . .
a.
Menunggu vitsum dari dokter
b.
Menunggu adanya kesepakatan keluarga
c.
Menunggu keluarga berkumpul
d.
Menanti anak sulungnya
datang
e.
Menunggu pihak-pihak yang
berwenang
8.
Pelaksanaan shalat jenazah laki-laki posisi imam berada. . . .
a.
Samping kanan jenazah
b.
Samping kiri jenazah
c.
Dekat dengan kepala jenazah
d.
Dekat dengan perut jenazah
e.
Dekat dengan kaki jenazah
9.
Sebelum proses penguburan sebaiknya lubang kubur dipersiapkan terlebih
dahulu dengan kedalaman. . . .
a.
Min 1 meter agar bau tubuh yang membusuk
tidak tercium ke atas
b.
Min 2 meter agar bau tubuh yang membusuk
tidak tercium ke atas
c.
Min 3 meter agar tidak tercium oleh
binatang buas
d.
Min 4 meter agar dapat
terjaga dari panas dan hujan
e.
Bebas, asalkan lebarnya min
3 meter
10.
Alasan tali pocong dilepas pada
saat menguburkan jenazah adalah. . .
a.
Agar pipi kanan jenazah bisa tersentuh
dengan tanah
b.
Agar tidak menjadi pocong yang dapat
mengganggu orang lain
c.
Agar tubuh menjadi longgar dan mudah
bergerak
d.
Agar mudah dimakan rayap
sehingga akan diganti dengan jenazah baru
e.
Perwujudan asal usul manusia
yang dari tanah
b) SOAL URAIAN
1. Ketika
kita sedang menunggu keluarga yang sedang sakaratul maut dianjurkan
untuk. . . .
2. Malaikat
maut akan datang kapan saja menghampiri manusia, sehingga setiap yang bernyawa
pasti. . ..
3. Istilah
jenazah sering diartikan . . . .
4. Memandikan
jenazah hukumnya. . . .
5. Mengkafani
jenazah menggunakan kain yang berwarna putih untuk laki-laki berjumlah. . . .
6. Bila
jenazah laki-laki maka posisi imam yang mensholatkan berada pada. . . .
7. Jika
jenazah perempuan, maka posisi imam yang mensholatkan adalah. . . .
8. Pada saat melaksanakan sholat jenazah setelah
takbir pertama membaca. . . .
9. Urutan dalam shalat jenazah setelah takbir
yang kedua adalah membaca. . . .
10. Hukum
menyegerakan menguburkan jenazah adalah. . . .
c) SOAL ESSAY
1. Apa
yang harus dilakukan pada saat menunggu orang yang sedang sakaratul maut?
2. Sebutkan
kewajiban keluarga ketika salah satu dari mereka ada yang meninggal dunia!
3. Bagaimana
tata cara memandikan jenazah yang baik?
4. Jelaskan
tata cara pelaksanaan shalat jenazah!
5. Jelaskan
hikmah penyelenggaraan jenazah!
Jawaban soal :
a. Pilihan Ganda
No
|
Jawaban
|
No
|
Jawaban
|
1
|
C
|
6
|
B
|
2
|
A
|
7
|
A
|
3
|
E
|
8
|
C
|
4
|
B
|
9
|
B
|
5
|
A
|
10
|
A
|
b. Uraian
No
|
Jawaban
|
No
|
Jawaban
|
1
|
Dibacakan surat yasin, surat ar-Ra’du, dll.
Dan dituntun kalimat syahadah
|
6
|
Dekat dengan kepala jenazah
|
2
|
Mengalami
kematian
|
7
|
Sejajar
dengan pusar jenazah
|
3
|
Mayat/usungan
beserta mayatnya
|
8
|
Ta’awudz
dan surat al-fatichah
|
4
|
Fardlu
Kifayah
|
9
|
Shalawat
seperti yang dibaca dalam tasyahud
|
5
|
3
Lembar
|
10
|
Fardlu
Kifayah
|
c. Essay
No
|
Jawaban
|
1
|
Proses
pengurusan jenazah
|
2
|
Memandikan, mengkafani,
mensholatkan dan menguburkan
|
3
|
Tata
caranya yaitu :
·
Ambil kain penutup dan gantikan dengan kain
basahan sehingga aurat utamanya tidak kelihatan.
·
Mandikan jenazah pada tempat yang tertutup.
·
Pakailah sarung tangan dan bersihkan jenazah
dari segala kotoran.
·
Ganti sarung tangan yang baru, lalu
bersihkan seluruh badannya dan tekan perutnya perlahan-lahan jika jenazah
tidak hamil.
·
Tinggikan kepala jenazah agar air tidak
mengalir ke arah kepala.
·
Masukkan jari tangan yang telah dibalut
dengan kain basah ke mulut jenazah, gosok giginya, dan bersihkan hidungnya.
Kemudian wudlukan seperti wudlu sholat.
·
Siramkan air ke tubuh yang sebelah kanan
dahulu.
·
Mandikan dengan air sabun dan air mandinya
dan terakhir dicampur wangi-wangian.
·
Perlakukan jenazah dengan lembut.
·
Memandikan jenazah satu kali jika dapat
membasuh keseluruh tubuhnya, itulah yang wajib. Sunnah untuk mengulanginya
dalam bilangan ganjil.
·
Jika keluar najis setelah dimandikan dan
mengenai badannya, wajib dibuang dan dimandikan kembali. Jika keluar najis
setelah diatas kafan, tidak perlu dimandikan ulang, cukup dibuang najisnya.
·
Keringkan tubuh jenazah dengan handuk.
·
Sebelum dikafani berilah wangi-wangian.
|
4
|
Tata
caranya yaitu :
·
Berniat menyalatkan jenazah.
·
Takbir empat kali :
·
Takbir pertama : mengangkat tangan dan
membaca al-fatihah.
·
Mengangkat tangan untuk takbir kedua lalu
baca sholawat.
·
Mengangkat tangan untuk takbir ketiga lalu
mendo’akan si jenazah
·
Mengangkat tangan untuk takbir keempat lalu
diam sejenak dan membaca do’a
·
Mengucapkan salam.
|
5
|
Memperoleh pahala yang besar, menunjukkan
rasa solidaritas yang tinggi di antara sesama muslim, membantu meringankan
beban keluarga si jenazah dan sebagai pernyataan belasungkawa/musibah yang di
deritanya, mengingatkan dan menyadarkan kepada diri masing-masing, dan
sebagai bukti bahwa manusia itu adalah makhluk yang paling mulia.
|
2) Penilaian Psikomotorik
NO
|
NAMA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
KET
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai dan skornya :
1.
Kedalaman materi presentasi :1.00/0.5
2.
Ketepatan jawaban :1.00/0.5
3.
Keberanian menyampaikan :1.00/0.5
4.
Kerjasama dalam kelompok :1.00/0.5
Total Skor :
4.00
3) Penilaian Afektif
NO
|
NAMA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
KET
|
||
1
|
2
|
3
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai dan skornya :
1.
Keaktifan dalam diskusi :
Jika peserta didik sangat aktif (A), cukup aktif (B), kurang aktif (C) dan
tidak aktif (D)
2.
Menghormati pendapat : Jika
peserta didik sangat menghormati pendapat (A), cukup menghormati (B), kurang
menghormati (C), tidak menghormati sama sekali (D)
3.
Kecermatan : Jika cermat dan
teliti dalam mengungkapkan pendapat dan penulisan (A), Cukup (B), kurang (C)
dan tidak cermat sama sekali (D).
Kudus, 26 Agustus 2014
Guru Pembimbing
Ali Mustain, S.Pd.I
NIP.
|
Guru Praktikan
Sayyidatun Nisa’
NIM. 111130
|
numpang baca mbk..
BalasHapusTerima kasih kak sangat membantu🙏
BalasHapusMakasih sangat membantu pengerjaan tugas kuliah 🙏
BalasHapusMakasih banyak yaa, ada dibuku ukbm ini soalnya semua persiss wkwk
BalasHapus